Lab bahasa DAK 2010 Digital vs Komputer : mana yang lebih baik?



Perbandingan Lab bahasa

 DAK Digital vs Komputer

Seperti yang telah diketahui bersama, lab bahasa sesuai juknis DAK 2010 ada 2 macam: lab bahasa berbasis komputer dan lab bahasa berbasis digital multimedia. Kedua kategori ini meski memiliki jumlah item yang berbeda, namun pagu dananya sama-sama Rp. 150.000.000,-/paket. Jika ada kesempatan sekolah anda diberi pilihan oleh Kepala Diknas di daerah anda untuk memilih salah satu dari dua kategori tersebut, ada baiknya anda membaca artikel dibawah ini. Artikel ini kami tulis setelah kami melakukan instalasi  ratusan sekolah yang mendapat program DAK 2010baik model komputer maupun digital multimedia.

Lab Bahasa Komputer DAK 2010

Lab bahasa jenis ini terdiri dari 18 PC siswa dimana masing0masing PC ditambahkan sebuah splitter audio sehingga 1 PC dapat digunakan oleh 2 siswa sekaligus. Untuk memproteksi terhadap tegangan listrik yang naik turun atau padam, lab jenis ini dilengkapi pula oleh UPS yang digunakan  per 2 PC. Jaringan yang digunakanpun telah menggunakan model wireless sehingga instalasi lebih mudah. Detil spesifikasi dan informasi tentang lab bahasa komputer DAK 2010 ini klik disini.

Kelebihan lab bahasa komputer :

– Selain dapat digunakan untuk lab bahasa, juga dapat digunakan untuk lab komputer.

– Karena menggunakan jaringan wireless (tanpa kabel), lab bahasa jenis ini lebih fleksibel jika dpindah ke ruangan lain.

– Tidak membutuhkan ukuran ruangan yang besar (dibanding lab bahasa digital multimedia DAK 2010).

– Harga  produsen lebih murah dibanding lab bahasa digital multimedia.

– Fungsi-fungsi pembelajaran bahasa lebih komplek dan lebih mudah dikembangkan.

– Instalasi lebih mudah dan cepat (rata-rata instalasi hanya 2-3 jam/sekolah).

Kekurangan lab bahasa komputer:

– Membutuhkan sumber daya listrik yang lebih besar dibanding lab bahasa digital multimedia.

– Troubleshooting / maintenance peralatan lebih tinggi (memerlukan SDM teknisi/lab yang minimal paham komputer)

– Meskipun dapat digunakan untuk 36 siswa, namun sebenarnya fungsi yang dijalankan hanya untuk 18 siswa.

– Karena tidak dilengkapi meja dan kursi, maka sekolah perlu menyediakannya sendiri sehingga sekolah perlu menganggarkan biaya ekstra untuk hal itu.

Lab Bahasa Digital Multimedia DAK 2010

Lab bahasa jenis ini terdiri dari 36 audip panel yang dilengkapi dengan tape repeater untuk merekam, mendengar dan belajar bahasa asing. Item barang dalam spek ini lebih lengkap dan kompleks dibanding lab bahasa komputer. Selain itu, lab bahasa ini juga telah dilengkapi dengan meja, kursi dan bahkan AC sekalipun, sehingga sekolah tidak mengeluarkan biaya apapun lagi untuk dapat menggunakan lab bahasa jenis ini. Detil spesifikasi dan informasi tentang lab bahasa digital multimedia DAK 2010 ini klik disini.

Kelebihan lab bahasa Digital Multimedia :

– Lebih mudah digunakan, maintenance dan troubleshooting juga tidak sulit.

– Spesifikasi lengkap mulai dari furniture (meja, kursi) hingga AC sudah ada dalam paket sehingga sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk dapat menggunakan lab bahasa ini.

– Dapat digunakan untuk 36 siswa dan tidak sharing (seperti pada tipe lab bahasa komputer : 1 komputer untuk 2 orang)

– Terdapat panel cadangan (sebanyak 4 buah) sehingga jika terjadi kerusakan pada panel siswa, maka teknisi tinggal menggantinya saja.

– Konsumsi listrik yang dibutuhkan lebih rendah dibanding tipe lab bahasa komputer.

Kekurangan lab bahasa Digital Multimedia :

– Harga produsen lebih tinggi dibanding lab bahasa komputer (meskipun pagu dana sama-sama Rp. 150.000.000,-). Ongkos kirim ke lokasi-pun juga lebih besar , karena volume barang kurang lebih 3-4x lipat dibanding lab bahasa komputer. Hal ini menjadi catatan khusus bagi rekanan yang akan menyediakan lab bahasa digital ini.

– Ukuran ruangan yang dibutuhkan lebih besar dibanding lab bahasa komputer. Dan karena instalasi kabel ditanam kedalam lantai, maka lab jenis ini kurang fleksibel jika dipindah ke ruangan lain.

– Instalasi lebih lama (kurang lebih 2-4 hari/sekolah)

KESIMPULAN TENTANG LAB BAHASA DAK 2010

1. Jika sekolah anda telah memiliki lab bahasa manual/digital, sebaiknya anda memilih lab bahasa komputer karena banyak fungsi-fungsi baru yang dapat mengoptimalkan fungsi pembelajaran bahasa asing. Namun, anda harus menyiapkan dana lebih untuk membeli furniture (minimal meja komputer dan kursi). Sebaliknya, jika sekolah anda belum mempunyai lab bahasa, kami sarankan anda memilih lab bahasa digital multimedia karena paket lab ini sudah sangat lengkap dan cocok untuk sekolah yang belum mempunyai lab bahasa( klik disini untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya).

2. Perhatikan SDM pengajar/guru bahasa Inggris serta teknisi lab bahasa anda. Lab bahasa komputer mempunyai peralatan dengan tingkat maintenance dan troubleshooting yang tinggi. Anda harus memiliki teknisi komputer yang cukup berpengalaman, karena selain troubleshooting komputer tinggi, juga karena jaringan yang digunakan adalah wireless, maka tingkat maintenance dan troubleshootingnya juga perlu diperhatikan (anda harus mempunyai teknisi jaringan yang cukup berpengalaman). Untuk lab bahasa digital multimedia disediakan 2 master console berbentuk software dan hardware, sehingga jika guru kurang memahami komputer, maka bisa menggunakan menggunakan consol hardware yang cukup mudah. Perawatan lab bahasa digital multimedia juga sangat mudah dibanding lab bahasa komputer.

3. Perhatikan ruangan kelas untuk lab bahasa anda. Pengalaman kami instalasi lab bahasa DAK ini, kurang lebih 20% – 30% ternyata sekolah belum siap atau tidak memiliki ruangan (meskipun seharusnya pihak Diknas harus melakukan survey dahulu ke sekolah). Jika anda belum mempunyai ruangan yang fix, sebaiknya anda memilih lab bahasa komputer karena fleksibilitasnya jika harus memindahkan lab bahasa ini ke ruangan lain. Berbeda dengan lab bahasa digital dimana sistem instalasi kabel harus ditanam di dalam lantai, maka jika lab bahasa tersebut akan dipindahkan, pembongkaran dan instalasinya pun lebih lama (kurang lebih 4-8 hari), belum lagi ruangan lab bahasa tersebut lantainya pasti rusak (karena dilubangi untuk menanam kabel).

Kesimpulan diatas sekali lagi adalah sangat berguna jika sekolah anda diminta memilih oleh diknas di wilayah anda, namun bila pemilihan kategori tersebut sudah ditentukan oleh diknas, apa boleh buat, tetapi anda bisa memastikan bahwa barang yang dikirim telah benar-benar sesuai dengan spesifikasi diknas dan bermutu baik.

berikut foto-foto instalasi lab bahasa DAK yang telah kami lakukan :