Lab Bahasa Komputer DAK 2011

Berbeda dengan Lab bahasa DAK 2010 yang memiliki 2 kategori (Lab bahasa komputer dan laboratorium bahasadigital multimedia), Lab bahasa pada DAK 2011 hanya ada 1 kategori saja yakni Laboratorium Bahasa Komputer saja. Spesifikasi barangnya pun pada Lab bahasa komputer DAK 2011 ini berbeda dengan dengan Lab Bahasa komputer DAK 2010.

Lab bahasa komputer DAK 2011 terdiri dari 18 komputer client, 1 komputer server, instalasi jaringan, UPS, LCD projector + Screen, Mebelair (meja dan kursi) dan AC 1 PK.

Komputer siswa sejumlah 18 unit mempunyai spesifikasi yang sangat berbeda dengan lab bahasa komputer DAK 2010. Pada DAK 2011 kali ini, komputer siswa menggunakan PC Nettop (disebut juga PC All in One) yang menggunakan daya power 65 watt. Selain itu perbedaan lainnya pada sisi PC adalah bahwasannya semua PC harus menggunakan OS Windows (sebelumnya pada DAK 2010 tidak ditentukan harus menggunakan OS tertentu sehingga bisa digunakan Linux atau Windows).

Kelebihan dan kekurangan Lab bahasa komputer 2011 dibanding lab bahasa komputer 2010

Ada beberapa kelebihan spesifikasi yang ada dalam juknis DAK 2011 ini. Diantaranya adalah :

1. Paket lab bahasa komputer DAK 2011 telah dilengkapi dengan furniture (meja dan kursi) dan AC. Ini adalah kelebihan yang paling utama, karena menurut pengalaman kami tahun lalu sewaktu menginstall lab bahasa komputer DAK 2010, banyak sekolah yang belum siap dan tidak mempunyai furniture sehingga peralatan lab bahasa komputernya diletakkan di sembarang tempat. Bahkan ada beberapa sekolah yang terpaksa sewaktu training sambil lesehan karena tidak ada meja komputer yang memadai.

2. PC siswa menggunakan model Nettop / all in one PC memiliki kelebihan dan kekurangan sekaligus. Kelebihannya adalah memiliki daya konsumsi kecil (65 watt) dimana hal ini cocok sekali terutama untuk sekolah yang ada di pinggiran kota yang memiliki daya listrik sangat rendah.

Namun meski memiliki beberapa kelebihan, Lab bahasa komputer DAK 2011 ini memiliki SANGAT BANYAK kekurangan. Diantaranya adalah :

1. PC siswa yang menggunakan model Nettop/Allinone dengan menggunakan spesifikasi procecor minimal speed 1.6 GHz L2 cache 1Mb ini menunjukkan bahwasannya procecor ini merujuk pada spesifikasi sekelas atom. Tentu saja  kecepatan procecor atom ini berada di bawah performa procecor dual core yang dijadikan acuan dalam komputer siswa pada DAK 2010 lalu.

2. Dengan PC sekelas Atom ini ‘dipaksa’ menjalankan OS Windows 7 Profesional yang mempunyai fungsi kompleks. Performa PC pasti sangat jauh menurun kalau dipaksa memakai OS Windows 7 profesional ini.

3. Pada semua spesifikasi PC, jelas-jelas harus menggunakan OS Windows 7 Profesional. Pada dasarnya memang bagus karena guru-guru di Indonesia lebih familiar dengan Windows dibanding Linux. Namun tender besar dengan menyebut satu merk tertentu (Microsoft Windows 7) apakah tidak menyalahi aturan tender (monopoli produk) ?

4. Kelemahan paling utama (atau kesalahan paling vital) dalam juknis Lab bahasa komputer DAK 2011 ini adalah tidak adanya software lab bahasa komputernya! Ini adalah kesalahan utama dalam paket lab bahasa komputer DAK 2011 ini, sehingga peralatan canggih senilai Rp. 125.000.000,- sudah pasti tidak bisa digunakan sebagai lab bahasa pada umumnya. Dan hanya bisa digunakan sebagai lab komputer biasa.

Awalnya kami mengira ini adalah program lanjutan bagi sekolah penerima lab bahasa komputer DAK 2010 karena pada DAK 2010 yang lalu, software lab bahasa harus memiliki lisensi untuk minimal 40 komputer, namun melihat spesifikasi lab bahasa komputer DAk 2011 ini, jelas itu adalah hal yang tidak mungkin. Pertama, jika ini adalah program lanjutan, mengapa harus ada komputer server lagi? harusnya menggunakan komputer server yang lalu sudah bisa dijalankan. Kedua, mengapa harus wajib menggunakan OS Windows 7? bagaimana jika pada tahun 2010 lalu sekolah menggunakan OS selain windows dan kali ini harus diintegrasikan dengan OS Windows 7 profesional?

Karena lab bahasa komputer DAK 2011 ini  tidak unsur lab bahasanya sama sekali, maka kami memutuskan bahwasannya PT WINNERTECH LINTAS NUSA tidak menyediakan paket Lab bahasa komputer 2011 ini.