Beda Lab bahasa manual dengan lab bahasa digital

Seorang rekanan yang datang ke kantor kami untuk memesan laboratorium bahasa, menggerutu karena merasa tertipu dengan lab bahasa yang telah dibelinya dari produsen lab bahasa lain beberapa waktu lalu. Dia bercerita bahwa lab bahasa yang telah dipesannya dari produsen lab bahasa lain itu memang tertulis ‘Digital’ di master controlnya, namun ternyata setelah kami lihat melalui foto-foto yang dibawanya, menurut kami itu adalah setara dengan lab bahasa manual kami. Jadi, customer kami tersebut telah membeli lab bahasa dari produsen lain seharga lab bahasa digital kami namun memiliki kemampuan seperti lab bahasa manual kami.

Lab bahasa manual memang tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok  dibanding lab bahasa digital dalam hal penampilan fisik baik di master control maupun student panel sehingga kedua tipe lab ini tidak dapat dibedakan hanya melalui tampilan fisik dan perangkat pendukung lainnya seperti : document camera, tape repeater, educational recorder, monitor dan keyboard per siswa; dan perangkat pendukung yang lain. Jadi, jangan sesekali anda membedakan kedua tipe laboratorium bahasa ini melalui perangkat-perangkat tambahan yang digunakannya. Namun yang pasti, karena lab bahasa tipe digital selelu dilengkapi dengan microcontroller, maka lab bahasa digital mempunyai fungsi yang lebih kompleks dan sangat banyak dibanding lab bahasa manual.

Berikut beberapa panduan dalam membedakan laboratorium bahasa manual dan laboratorium bahasa digital :

1. Perhatikan, apakah ada item komputer dalam paket lab bahasa yang anda pesan.

Tanyakan pada produsen lab bahasa anda, apakah paket lab bahasanya sudah dilengkapi dengan PC Komputer atau belum, dan tanyakan manfaat dari PC tersebut. Secara umum, lab bahasa digital dijalankan melalui software yang diinstall dalam PC master, namun pada beberapa lab bahasa manual juga telah dilengkapi dengan PC namun mempunyai fungsi lain dibanding lab bahasa manual. Jika pada lab bahasa digital fungsi PC adalah untuk menjalankan software control lab bahasa, sedangkan pada lab bahasa manual, PC digunakan untuk menjalankan software-software tambahan seperti : materi pembelajaran, kamus, internet dan sebagainya, dan bukan digunakan untuk menjalankan software utama dari lab bahasa tersebut. Dan jika dalam paket lab bahasa yang anda pesan tidak terdapat PC Komputer, maka hampir bisa dikatakan itu adalah lab bahasa manual.



2. Perhatikan, fungsi/feature yang anda pesan dalam spesifikasi teknisnya.


Semua lab bahasa (baik digital dan manual) mempunyai fungsi standar untuk pembelajaran bahasa yaitu fungsi Model System, Communication / Intercom, Monitor, All Call, Mixed Call, Conference System, Pairing, Grouping dan Scanning. Sedangkan untuk lab bahasa digital harus mempunyai fungsi lebih dari standar fungsi tersebut diatas, minimal mempunyai fungsi database yang lengkap. Lab bahasa digital yang mastercontrolnya menggunakan software, biasanya memiliki tambahan fungsi database seperti : database siswa, database teacher, database absensi, database nilai dan lain-lain. Tanyakan fungsi atau feature lab bahasa yang akan anda beli ini ke produsen lab bahasa anda. Inilah yang membuat mengapa harga lab bahasa digital selalu lebih mahal daripada lab bahasa manual.

3. Jangan mudah tertipu label ‘Digital’ di perangkat utamanya.

Jangan sesekali anda membedakan lab bahasa manual dengan digital hanya dari tampilan fisik apalagi hanya dari label ‘Digital’ yang ditempel baik di perangkat master controlnya maupun student panelnya. Hal ini karena beberapa produsen lab bahasa memberikan label dan tulisan ‘Digital’ dalam perangkat lab bahasanya seperti yang diceritakan oleh salah satu rekanan kami diatas.

Ketiga hal diatas, cukup untuk membedakan apakah lab bahasa yang anda pesan adalah lab bahasa manual atau lab bahasa digital, jangan sampai anda salah pilih karena kedua tipe lab bahasa diatas beda harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Jika anda masih bingung, anda bisa berkonsultasi dengan kami.