Bagaimana memilih headset yang baik untuk lab bahasa?

Headset adalah salah satu komponen penting dalam sebuah paket laboratorium bahasa. Kualitas audio baik headset dan mic sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja peralatan laboratorium bahasa lainnya. Secara fisik, headset pula yang paling sering digunakan oleh siswa dibanding peralatan yang lain karena setiap pelajaran di ruang laboratorium bahasa, siswa harus terlebih dahulu memakai headset (dan kebanyakan sambil memutar-mutar pegangan mic-nya). Jika anda memesan sebuah paket lab bahasa, langkah pertama mintalah gambar brosur, spesifikasi teknis dan pastikan merek yang digunakan adalah merek yang benar-benar berkualitas.

Berikut beberapa tips memilih headset untuk paket lab bahasa anda :

2.  Perhatikan spesifikasi teknis headset (mintalah brosur asli headset dan spesifikasi teknisnya kepada produsen lab bahasa yang anda percaya). Secara umum, mic headset terbagi 2 menurut jenisnya: Mic Condenser dan Mic Dynamic. Mic Condenser dibuat dari kumparan, sedangkan Mic Dynamic dibuat dari kapasitor sehingga mic condenser lebih sensitif daripada mic dynamic. Dengan sifat seperti itu, Headset dengan mic condenser lebih cocok dibuat untuk keperluan indoor (seperti lab bahasa), dan sebaliknya mic dynamic sangat cocok digunakan untuk outdoor. Penjelasan lebih lengkap tentang kedua mic ini bisa anda baca di wikipedia.

3. Perhatikan dengan detil tampilan fisik headset tersebut. Apakah menurut anda, ada bagian fisik dalam headset tersebut yang mudah rusak? bagian fisik yang mudah rusak biasanya adalah kabel dan pegangan mic. 2 hal ini adalah sesuatu yang sangat vital karena sering sekali ditarik-tarik dan digoyang-goyang oleh siswa yang menggunakan headset. Saran kami, carilah headset dengan kualitas pegangan (gagang) mic yang kokoh (terbuat dari plastik / lapisan besi yang kuat). Dan juga pastikan kabel headset yang digunakan adalah benar-benar bagus (tebal dan panjang, lebih disarankan lagi menggunakan kabel jenis ulir yang dapat ditarik secara fleksibel).

4. Perhatikan kenyamanan. Dari penampilan fisik, anda tentu sudah dapat membayangkan apakah headset tersebut jika dipakai oleh siswa akan sangat cukup nyaman atau tidak. Kenyamanan utama dari sebuah headset adalah model earphonenya. Biasanya semakin besar ukuran earphone-nya, akan semakin nyaman diletakkan di telinga. Hal ini sangat penting, karena begitu siswa merasa tidak nyaman, bisa jadi siswa semakin sering pakai-lepas headset tersebut yang bisa menyebabkan kerusakan fisik yang lain.


Semua kekurangan-kekurangan diatas juga menjadi rujukan bagi kami, sehingga per 2010 ini kami memakai jenis headset baru dengan kualitas bagus dengan tipe Wtech H1000/888. Perhatikan gambar dibawah sebagai berikut :